10 Tips Mendidik Anak Berjiwa Wirausaha


Ternyata mak, mengasah jiwa wirausaha anak dapat dilakukan sejak usia dini. Seperti yang kita tahu, pribadi seorang wirausaha sangatlah dibutuhkan anak di masa mendatang, entah kelak ia memilih jalur bisnis atau tidak. Jadi tak ada salahnya mencoba tips ini untuk mendidik anak berjiwa wirausaha.

Menurut CEO Extreme Youth Sport, Duane Spires, terdapat 10 langkah yang bisa dilakukan orang tua untuk mengasah jiwa entrepreneur buah hati. Dilansir theasianparent, berikut rinciannya.

1. Bimbing Anak untuk Mempunyai Target

Ajarkan mereka untuk menuliskan target atau keinginan dalam sepekan, tanyakan bagaimana cara mereka meraihnya. Motivasi mereka untuk mencapai target tersebut dan beri penghargaan jika terwujud. 

2. Latih Mereka untuk Melihat Peluang

Caranya, ajak anak-anak bereksplorasi dan tantang mereka dengan challenge berkaitan problem solving. Lihatlah bagaimana mereka menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

3. Ajak Berjualan

Jika emak punya bisnis di rumah, libatkanlah anak-anak dalam prosesnya. Jika tidak ada, cobalah memulai bisnis baru bersama anak. Opsi lain, ikut sertakan anak dalam bazar, berjualan online, atau menjual hasil karya sendiri.

4. Ajarkan Finansial

Pendidikan finansial juga perlu diajarkan sejak dini. Beri pemahaman pada anak tentang bagaimana mendapatkan uang, membelanjakannya, cara berhemat, menabung, mendapat keuntungan dari berjualan, hingga pengetahuan tentang bagaimana uang berputar dala rutinitas sehari-hari.

5. Gali Kreativitasnya

Seorang wirausaha sangat kreatif dalam promosi. Mintalah anak mengamati iklan-iklan di televisi, poster, surat kabar, dan sebagainya. Tanyakan pada mereka, iklan mana yang menurut mereka apik. Dari aktivitas sederhana itu, kreativitas anak dapat terasah loh mak.

6. Mengajarkan tentang Kegagalan

Gagal tidaklah berdampak pada hukuman. Sebaliknya, ajarkan anak bahwa kegagalan merupakan pelajaran untuk keesokan hari. Sifat tak pantang menyerah seperti ini, juga perlu ditanamkan pada jiwa anak ya mak.

7. Asah Kemampuan Komunikasi

Ajaklah anak pada situasi dan kondisi yang membutuhkan interaksi sosial. Semakin sering berinteraksi, mereka akan belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang yang dijumpai. 

8. Didik Anak agar Mandiri dan Percaya Diri

Wirausaha merupakan seorang yang mandiri lagi percaya diri. Tanamkan dua sifat ini pada diri anak sedini mungkin. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya, ketika anak menginginkan mainan, ajaklah ia untuk mencari uang dengan berjualan. Lalu dari hasil usahanya berjualan, biarkan dia memilih mainan yang diinginkan.

9. Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Berilah peran kepemimpinan pada anak di tengah keluarga. Sebagai manager kebersihan, misalnya. Jadikan ia pemimpin piket untuk membersihkan rumah. Seluruh anggota keluarga haruslah menaati tugas piket yang dikoordinir sang manager kecil.

10. Tanamkan Jiwa Sosial dan Sifat Murah Hati

Bisnis yang sukses adalah yang memberi banyak dampak positif untuk lingkungan sekitar. Tanamkanlah pada diri anak; sifat rendah hati dan senang berbagi. Berilah pemahaman bahwasanya kebahagiaan itu berasal dari apa yang kita bagi, bukan apa yang kita terima.

Lakukan tips-tips di atas secara konsisten ya mak. Mulailah dari aktivitas keseharian anak, sembari bermain atau berjalan-jalan ria. Apa yang dilakukan saat ini mungkin nampak kecil. Namun langkah kecil ini adalah pijakan awal dari langkah besar anak di kemudian hari.




#institutibuprofesional #institutibuprofesionaldepok #ibuprofesional #ibuprofesionaldepok #ipdepok #iipdepok #komunitas #depok #komunitasdepok #tips #tipsdantrik #tipsparenting


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram