Menumbuhkan Semangat Cinta Tanah Air

Resume Rabu Seru – United 2
14 Agustus 2019
Menumbuhkan Semangat Cinta Tanah Air






Salah satu hal penting yg harus diajarkan kepada anak adalah mengenai rasa cinta tanah air.Setuju mak?

Rasa cinta tanah air akan melahirkan rasa nasionalisme dan patriotisme.  Meskipun aktivitas ini bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun, namun semangatnya terasa berbeda jika kita lakukan di bulan yang bersejarah bagi bangsa ini.

Berikut Sharing emakmember IP DEPOK tentang Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada diri ananda.


Menggunakan Lagu dan Bendera


Ah aku mau nyimak sharing ya nih.. soalnya belum tau cara menumbuhkan sikap nasionalis buat bayi.. paling kami baru mengajarkan tentang lambang negara aja sih. Terutama lagu Indonesia raya, Uwais sudah sedikit bisa.

Aku pribadi belum se-cetar kalian memperkenalkan anak pada nasionalisme. Tapi tiap ngelatih paskib Uwais aku ajak. Jadi dia hafal gitu aja lagu Indonesia raya sama bendera dan baris-berbaris hehehe..selebihnya mengenalkan dulu burung Garuda dan Uwais suka ngeliat nya.

Mengenalkan Makna Tanah Air


Anakku demeeeen bgt nyanyi indonesia raya. Trus dy nanya ttg tanah air. Tanah apa air? Emaknya jawab ya mencintai tanah dan air yg ad d indonesia (jawaban sotoy 😆). Trus anaknya jawab klo gitu masukin udara juga dong. Dan aku pun pening. Ntr abis itu jgn2 anaknya minta masukin api. Dan jadilah negara avatar.

Menjadi Suporter Olahraga


Kl sy gara² nonton tv acara pertandingan badminton, kan penontonya pada teriak Indonesia sembari bawa bendera Indonesia yg kecil, jd skrg anaku kl liat bendera langsung bilang " Indonesia ya bu".


Mengenalkan Lagu-lagu Nasional

Salman seneng banget lagu2 cinta tanah air.. Indonesia Raya, garuda pancasila sp 17 agustus.


Melalui Kreasi


Dulu,saat Masih merantau,Kami mengajak anak berkreasi dengan Tema Indonesia,mulai dari membuat bendera,mewarnai ataupun dengar lagu Indonesia Raya. Lalu,datang ke acara 17an yang diselenggarakan komunitas.

Lalu,saat sudah di Depok lagi,Kami berusaha mengajak anak hadir di event besar seperti Asian games dan Asian para games.Jadi dia merasakan euphoria lagi Indonesia Raya dinyanyikan satu stadion,lalu lihat atlet2 bertanding,berjuang dan ikut teriak "Indonesia.." bareng supporter lain
Kami ikutkan lomba2 17an macam sepeda hias,lalu berdiskusi mengenai warna bendera Indonesia.

Baru begitu sih.

Belajar Peta

Wah menginspirasi nih.. heheh, selama ini cuman sekilas bacain peta Indonesia, letak rumah bocah dan letak rumah neneknya, daerah2 yg krisis makanan di bagian timur. Liatin baju daerah, bendera. Belum diarahkan ke cinta tanah air.

Eh padahal beberapa minggu kmrn, Ayahnya habis ikut kajian yg bahas pahlawan nasional, khususnya dulu para Ibu2 yg selalu mengajarkan syair2 perjuangan (dari Aceh biasanya ky gini), terus kisah nenek moyang mereka selalu dihidupkan..  eh, tapi lupa mau dicobi ke bocah.

Rabu seru jadi mengingatkan ini. Makasihhh rabuuu seruuuu IIP ❤

Mengenalkan Sejarah Indonesia


Huaa seru niih pembahasanya.Terus terang nggk Ada yg khusus siih ngajrin anak2.kacau mamak inih.

Yg jelas,saat ini bnyak sejarah yg harus bener2 di ceritakan kembali dengan menarik kepd anak2.pelan2,Kita lg membedah tentang wali songo.Menarik utk ditelusuri sejarah nya.Asal muasal,Dan bgaimana bisa menyatu dg kondisi saat itu.pgn napak tilas,tapi blm kesampean

Lomba Agustusan



Buat anak pertama dan kedua kami (7 dan 5th), bulan Agustus adalah bulan yg ditunggu2 karena kemeriahannya di lingkungan kami. Mereka antusias sekali mengikuti rangkaian kegiatan RT dari pasang bendera, upacara sederhana di depan rumah warga, gerak jalan, lomba2 dan malam tasyakuran. Sambil bersenandung lagu2 nasional bersama teman2 mereka. Meriah dan bersemangat.

Untuk lebih mengenalkan dan menanamkan cinta tanah air, kami lakukan dengan mengunjungi museum atau tempat2 bersejarah. Terakhir, 2 minggu yg lalu kami ke Gua Jepang di Bandung sambil bercerita tentang masa2 menjelang kemerdekaan. Anak2 pun antusias, banyak pertanyaan mereka seputar kemerdekaan Indonesia. Dari situ, kami masukkan kisah2 kepahlawanan.

Jadi ayah ibunya juga terkenang kembali bahwa ada begitu banyak pahlawan keren di Indonesia, ada banyak kisah heroik dari bumi pertiwi.

Menghias Sepeda


Maaf mak baru ikutan..anak2 nagih beliin pernak pernik agustusan..pd sibuk menghias sepeda nya dg bendera merah putih,yg pasti mrk g sabar pengen ikut lomba


#institutibuprofesional #institutibuprofesionaldepok #ibuprofesional #ibuprofesionaldepok #ipdepok #iipdepok #komunitas #depok #komunitasdepok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram