Tanpa Vacuum, 4 Cara Mudah Usir Tungau dari Kasur




Kasur menjadi habitat utama bagi tungau. Serangga dari ordo Archarina ini mungkin tak nampak mata, namun bisa jadi mereka tinggal di tempat tidur kita dengan nyaman. Jika tak segera dibasmi, tungau dapat menyebabkan gatal-gatal, flu, alergi, hingga asma.

Vacuum memang alat utama pembasmi kutu. Namun ada loh mak, beberapa bahan alami yang ampuh mengusir si serangga kasur yang nakal. Dilansir liputan6.com, berikut empat cara mudah mengusir tungau dari tempat tidur meski tanpa menggunakan vacuum.

1. Taburkan Baking Soda

Baking soda mampu membunuh tungau dengan menyerap kadar air di kulit mereka. Alhasil, para kutu kasur akan dehidrasi kemudian mati. Taburkan baking soda ke seluruh sisi kasur setiap hari atau beberapa hari sekali.

2. Semprotkan Tea Tree Oil

Selain baking soda, tea tree oil juga ampuh mengusir kutu kasur. Campurkan 20 tetes tea tree oil dengan 200 ml air. Lalu semprotkan cairan tersebut ke bagian kasur yang kiranya dihuni oleh tungau, seperti bagian lipatan atau bagian yang lembab. Aroma dari minyak ini akan menyamarkan bau manusia yang menjadi sasaran tungau.

3. Gunakan Cuka

Ada pula bahan dapur lain yang dibenci tungau. Cuka juga sangat ampuh untuk mengusir tungau dari tempat tidur. Caranya, lumuri cuka di sisi-sisi kasur, atau di tempat yang menjadi sarang kutu. Lakukan rutin selama sepekan. Aroma menyengat cuka tak disukai tungau hingga mereka akan terbang dan pergi.

4. Sisipkan Daun Lavender

Ternyata bukan hanya nyamuk yang anti lavender, tungau pun membenci wangi daunnya. Gunakan beberapa daun lavender untuk mengusir serangga berkaki delapan tersebut. Letakkan beberapa helai daun lavender di sekeliling kasur, atau dengan menempelkannya pada seprei dengan cara menjahitnya. Aroma lavender akan mengusir tungau dan membuat mereka tak kembali lagi.


Selain kasur, empat cara tersebut juga bisa dilakukan pada sofa, lemari buku, lemari pakaian, laci, kitchen set, dan furniture lain yang juga menjadi rumah bagi kutu. Ikuti cara di atas agar tungau tak berani memasuki rumah kita. Membayangkan tidur bersama serangga saja sudah sangat menjijikan ya mak, apalagi jika itu benar-benar terjadi tanpa kita sadari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram