Zy Fauziah; Menjadi Motivator Keluarga





Ketika Komunitas Ibu Profesional baru berdiri, hanya ada tiga ibu dari Depok yang turut serta belajar di kelas perdana, Matrikulasi. Mak Zy Fauziah adalah salah satu dari 3 srikandi tersebut. Kini, tujuh tahun sudah Mak Zy menjadi keluarga IP Depok, menyemangati ibu yang baru belajar, dan turut andil di setiap kepengurusan dari masa ke masa. Wah, seperti apa sosoknya?

Wanita kelahiran 1982 ini berhasil membuat resolusi diri untuk keluarganya. Menurut Mak Zy, sebelum mengubah lingkungan sekitar, ia harus berhasil mengubah diri. Menjadi motivator keluarga adalah salah satu resolusinya.

“Saya telah menjadi motivator bagi keluarga kecil kami. Ketika anak-anak kami sempat merasa bosan dengan rutinitas sekolahnya, saya yang akan menguatkan mereka untuk sabar dalam menuntut ilmu,” ujarnya.

Mak Zy memosisikan diri di keluarganya sebagai motivator untuk menuntut ilmu. Bagi ibu dari tiga anak ini, ilmulah yang menaikkan derajat seseorang. Ia ingin keluarganya menjadi bagian dari umat yang berbagi ilmu untuk kebaikan.

“Karena kami yakin, ilmu akan mengangkat derajat seseorang. Dan pahala yang akan terus mengalir hingga manusia mati adalah jika kita mau berbagi ilmu yang bermanfaat untuk orang lain,” tuturnya.

Tentu tak mudah mendidik anak agar selalu di atas ilmu, menjaga ‘fitrah belajar’ mereka hingga dewasa kelak. Namun dalam kamus Mak Zy, tidak ada kata sulit. Ibu pembelajar yang menyukai ilmu tahsin Al Qur’an dan pendidikan anak ini hanya mengenal dua kata; mudah atau mudah sekali. 

“Saya berusaha selalu menyatakan pilihan dengan 2 kata, mudah? Atau mudah sekali?”

Rupanya, resolusi Mak Zy sudah nampak buahnya. Anak sulung Mak Zy telah berusia 14 tahun dan bercita-cita menjadi pengusaha agar dapat membuka lapangan kerja bagi banyak orang. Anak kedua bercita-cita menuntut ilmu ke negeri Turki. Pun si bungsu tengah berproses menjadi pribadi percaya diri yang bercita-cita menyenangkan orang lain.

Resolusi Mak Zy nampak sederhana, namun berdampak besar bagi keluarga. Seorang ibu tentulah memiliki peran besar di rumah. Mak Zy memahaminya dengan sangat baik dan berproses menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya.

Sebagaimana Mak Zy, sudahkah kita membuat resolusi diri untuk keluarga tercinta?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram