Mengajak Anak Membuat Resolusi Tahunan




Bukan hanya dewasa, anak-anak pun bisa membuat resolusi akhir tahun dengan bimbingan ayah bunda. Tanya dan galilah pikiran mereka tentang apa yang ingin dilakukan dan ditargetkan berhasil pada setahun ke depan. Berikut yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak membuat resolusi tahunan.

1. Berikan Teladan

Sebelum mengajarkan anak, orang tua semestinya sudah melakukan resolusi di tahun sebelumnya. Anak dapat melihat dan mendengar langsung dari perilaku orang tua untuk resolusi tersebut. Saat akhir tahun tiba, ajaklah anak untuk membuat plan serupa.

2. Jangan Paksa

Ajaklah secara positif tanpa memaksa apalagi ikut campur dalam menentukan plan anak. Ayah bunda bisa mengarahkan dengan pendekatan perlahan. Dengannya, anak pun dibimbing agar tak membuat resolusi yang konyol atau bahkan berbahaya.


3. Berikan Opsi

Ketika anak bingung mencari resolusi, khayalan mereka pastilah berkeliaran. Untuk mengatasinya, ayah bunda perlu memberikan opsi. Namun pastikan tanpa mendikte, melainkan sekedar memberi saran.

Yuk Mak, ajak anak membuat resolusi tahun 2020 besok. Tak perlu perkara berat, cukup yang sederhana saja. Pastikan pula untuk terus menyemangati anak saat berproses mencapai resolusi tersebut.

Sumber: Parents

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram