Tips Menjaga Anak Tetap Sehat di Musim Hujan




Musim penghujan tahun ini cukup meresahkan ya Mak, dari curah hujan yang tinggi hingga musibah banjir beberapa waktu lalu. Saat musim hujan seperti ini, anak tentu menjadi prioritas utama untuk dijaga kesehatannya. Dirangkum dari klikdokter, berikut ini tips melindungi anak di musim hujan agar mereka tetap ceria dan tak gampang sakit.


1. Jaga Daya Tahan Tubuh

Beri anak asupan bergizi dan penuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka, terutama vitamin C. Suplemen makanan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Jaga Kebersihan

Ajak anak untuk selalu menjaga kebersihan. Di antaranya, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, rutin memotong kuku, mandi bersih, cuci tangan dan kaki setiap pulang sekolah atau selepas bermain.

3. Jangan Jajan Sembarangan

Jajan sembarangan bukan hanya berlaku di musim hujan saja. Hindari membeli jajan di sembarang tempat untuk menghindari diare.

4. Budayakan 3M

Menguras, menutup, dan mendaur ulang (3M) sangat penting diterapkan di setiap rumah. Dengannya, keluarga terhindar dari gigitan nyamuk dan penyakit demam berdarah.

5. Gunakan Boot

Bukan hanya memakai sembarang alas kaki, anak sebetulnya membutuhkan boot untuk melindungi kaki dari parasit yang tersembunyi di genangan air. Mengingat, sudah menjadi kegemaran anak-anak untuk mandi hujan dan bermain di kawasan becek.

6. Bawa Hand Sanitizer

Selalu bawa hand sanitizer kemanapun anak pergi. Sebab, tak semua tempat memiliki fasilitas untuk mencuci tangan bersih.

7. Siapkan Payung atau Jas Hujan

Selalu siapkan payung atau jas hujan di dalam tas anak. Sediakan pula jaket hangat untuk mengantisipasi kedinginan di musim hujan.

Tips di atas dapat menjadi ikhtiar orang tua untuk melindungi anak dari beragam penyakit di musim hujan. Tentu pencegahan lebih utama agar anak-anak selalu sehat dan ceria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram