Bekali Para Ibu Usaha Kuliner, Komunitas Ibu Profesional Depok Helat Cooking Class di Kawasan TPA Cipayung




DEPOK -- Hidup di lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) membuat beberapa keluarga harus menghadapi tempat tinggal kumuh dan kesulitan ekonomi. Berangkat dari keprihatinan akan kondisi tersebut, Komunitas Ibu Profesional (IP) Regional Depok mengadakan cooking class untuk para ibu rumah tangga di lingkungan TPA Cipayung, Sabtu (29/2/2020). Pembekalan usaha kuliner rumahan menjadi tujuan agenda tersebut.

Diinisiasi tim Sejuta Cinta IP Depok, acara yang bertajuk "Ruang Kemandirian Ibu" tersebut mendapat sambutan hangat dari warga sekitar. Puluhan ibu rumah tangga di kawasan TPA Cipayung berkumpul mengikuti kelas memasak aneka panganan layak jual dan belajar estimasi modal untuk menjalankan usaha rumahan. Para ibu antusias berkumpul di ruang belajar Taman Pendidikan Qur'an Ar Riyaad Bulak Barat tempat dimana anak-anak mereka biasa mengaji.

Pelatihan memasak diisi oleh para member IP Depok dari Kelas Minat Dapur Emak. Ketua Sejuta Cinta IP depok, Nina Sri Mulatsih menuturkan, cooking class dipilih untuk pemberdayaan ibu rumah tangga mengingat memasak adalah dunianya para ibu. Setiap ibu biasa bekerja di dapur dan berpeluang untuk membuat usaha dari dapur rumah mereka.

"Saat ini kami mengadakan pelatihan memasak lagi, karena memasak memang dunianya para ibu. Diharapkan dari pelatihan ini akan tercipta usaha-usaha baru bagi ibu-ibu mitra kami," ujarnya.

Ketua Panitia Acara, Endang Supriatin mengatakan, pelatihan memasak dihelat dalam rangka mengajak ibu mencari pendapatan tambahan untuk keluarga. Dengannya, kondisi ekonomi dapat sedikit terangkat, bahkan lebih baik lagi. "Untuk kemandirian ibu, minimal ada usaha yang dikembangkan dari rumah. Dengan cara mudah, peralatan seadanya," tuturnya.

Agenda Ruang Kemandirian Ibu merupakan program rutin komunitas sebagai wadah berbagi member untuk ibu dhuafa. Tahun lalu, program yang sebelumnya bernama pemberdayaan ibu dhuafa ini juga mengadakan pelatihan membuat pastel dan thai tea untuk para ibu rumah tangga dari keluarga tak mampu di Kecamatan Sukmajaya.

"Ini merupakan salah satu program yang kami jalankan, berupa pemberdayaan ibu dhuafa dengan nama Ruang Berkaya Ibu. Sedikit yang kami lakukan berharap dapat berdampak bagi kehidupan ibu-ibu yang mengikuti program ini," pungkas Nina. 





Resume dari Sejuta Cinta IP Depok

• Ruang Kemandirian Ibu, project yang digagas oleh Sejuta Cinta IP Depok ini telah melaksanakan program pertamanya yang bertajuk “Latihan Masak Bareng” dengan mitra TPQ Ar-Riyaad.
• Waktu Pelaksanaan : Sabtu, 29 Februari 2020, jam 09.00-12.00 WIB
• Tempat Pelaksanaan : Taman Pendidikan Quran Ar-Riyaad, Bulak Barat, Cipayung Jaya.
• Peserta kegiatan : 25 Ibu-ibu wali murid dari TPA Ar-Riyaad, 5 orang panitia, dan 3 instruktur yang memandu pelatihan memasak.
• Bentuk acara : Pelatihan membuat snack box (Pastel dan bolu kukus) dan thai tea
• Tujuan : Sebagai bekal ibu di rumah menjadi mandiri dengan peralatan seadanya.
• Proses berjalannya acara : Panitia membuka acara dengan sambutan dari Penanggung Jawab dan menjelaskan sedikit tentang Ibu Profesional Depok serta Sejuta Cinta. Selanjutnya peragaan membuat Thai Tea oleh Kami Dapur Emak dan dilanjutkan dengan membuat kue bolu kukus serta pastel. Peserta sangat antusias mempraktekkan resep yang diperagakan. Apalagi setelah makanan matang dan mencicipi hasil olahan makanan, tergambar rasa puas karena berhasil mengolah makanan yang belum biasa mereka buat. Lalu banyak yang berencana untuk mempraktekkannya lagi di rumah, untuk acara arisan, maupun acara keluarga lainnya.
• Kesan Pesan dari Peserta : Berharap dapat mempraktekkan untuk keluarga dan dapat dijual di kalangan sekitar, membuahkan keuntungan bisnis yang menambah pendapatan keluarga.
• Tindak Lanjut :  membentuk forum koordinasi online via aplikasi whatsapp untuk memfasilitasi peserta yang ingin konsultasi dan diskusi dengan para instruktur memasak. Instruktur memasak memberikan tantangan kepada peserta untuk recook resep yang telah diperagakan di rumah masing-masing dan mengupload di grup whatsapp. Jika ada yang berhasil me-recook dan mengupload akan diberikan hadiah special. Sejauh ini sudah ada 1-2 orang yang mempraktekkannya di rumah. Harapan dari Sejuta Cinta, Ruang Kemandirian Ibu menjadi wadah ibu untuk mandiri melalui berbagai keterampilan yang pendampingannya dilakukan oleh anggota IP Depok melalui konsep Sedekah Ilmu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram